Call : 082114344445
Mail : info@dimensiruang.com

Tips Memilih Warna Cat Untuk Rumah Minimalis – Interior dan Eksterior

Selamat pagi.. Salam hangat untuk pembaca blog Dimensiruang.COM

Setiap memasuki tahun yang baru pasti selalu ada pemilihan warna cat terbaru yang akan banyak digunakan referensi para penghuni rumah minimalis. Tren warna cat ini dapat Anda jadikan acuan untuk Anda yang tengah bingung menentukan pilihan warna cat untuk hunian Anda.

Pemilihan warna cat ini akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu pengecatan untuk ruang interior dan ekterior.

Konsep desain rumah yang telah dibuat pastinya juga akan menentukan pilihan warna yang akan dipilih. Untuk model rumah minimalis seringkali diasosiasikan dengan warna2 netral dan sederhana, misalnya hitam, putih dan abu2. Padahal warna2 minimalis sebenarnya ada banyak pilihan, tidak monoton seperti itu2 saja.

Selain itu, tren warna cat rumah model minimalis tahun ini (bahkan akan bertahan hingga tahun 2019) selalu didominasi dengan warna2 tua dan elegan. Tak ada salahnya kan kita mencoba untuk mengeksplor beberapa warna untuk membuat menarik rumah Anda?

Kali ini DimensiRuang.COM akan berbagi dan merekomendasikan untuk Anda terkait tren warna cat untuk rumah minimalis di tahun yang akan datang (2019) yang dapat direalisasikan sebagai warna untuk rumah idaman Anda.


Tips Memilih Warna Cat Untuk Rumah Minimalis


Warna Cat untuk Ruang Interior

[1] Warna Hitam dan Putih (Tak Lekang Oleh Waktu)

Sumber: pinoywildlife(dot)blogspot(dot)com

Kalau kita mau mengamati betul soal perkembangan warna cat ruang interior, ternyata kombinasi warna cat hitam-putih merupakan perpaduan warna yang selalu populer setiap tahunnya. Begitu juga dengan tahun ini, salah satu rekom untuk warna cat rumah minimalis adalah dengan menggambungkan warna hitam dan putih dengan penerapan pada dinding rumah Anda.

Bagi kamu yang ingin memiliki sentuhan lebih inovatif dengan tidak memenuhi ruang2 dengan hiasan dinding maka pewarnaan cat hitam-putih ini sangatlah cocok. Kombinasi 2 warna tersebut bisa menjadi pilihan untuk warna dekorasi hiasan dinding pada ruangan yang minim. Warna kontras (hitam dan putih) itu bisa memunculkan aksen yang menonjol namun tetap tidak meninggalkan kesan konsep minimali yang modern dan simpel.

Pilihan warna hitam dan putih yang Anda pilih untuk ruang interior bangunan minimalis, nuansa tematik untuk 2 warna tersebut juga akan lebih serasi jika ruangan Anda berisi furnitur dengan warna yang tak jauh berbeda dengan hitam-putih.

Ruang interior dengan warna hitam-putih juga sangat mudah dipadukan dengan furnitur seperti kayu, lemari, meja dan bermacam furnitur lain yang berbahan kayu2an.

[2] Warna Caliente (Mampu Menghidupkan Suasana)

Sumber: harga-bahan-bangunan-4u.blogspot.com

Pilihan ke-2 yang seringkali digunakan untuk desain rumah minimalis adalah warna caliente, dan beberapa warna turunnya yang merah keunguan. Warna caliente diprediksi akan kembali hits di tahun 2019 nanti oleh Benjamine Moore Paint.

Warna Spicy Red (Caliente) ini dapat memunculkan kesan megah apabila diterapkan pada bangunan rumah minimalis. Dengan menggunakan warna ini, tanpa sentuhan dekorasi pun ruangan Anda akan tetap terlihat elegan dan megah.

Warna caliente juga sangat cocok untuk pewarnaan ruang keluarga Anda, karena warna unsur merahnya yang sedikit redup mampu membangun suasana menjadi lebih intim dan hangat. Warna kelabu seperti putih gading atau abu2 sangatlah cocok dikombinasikan dengan warna caliente yang mampu menjadikan ruangan Anda nampak lebih elegan.

[3] Warna Spruce Blue-Green (Membuat Ruangan Nampak Segar)

Sumber: goglek.com

Untuk beberapa tahun terakhir ini warna pastel memang tidak pernah absen dalam pemilihan warna cat yang sering dipakai untuk pewarnaan rumah minimalis. Seringkali kita menemukan warna pastel ini dipakai untuk berbagai macam bangunan rumah seperti minimalis, tropis, klasik hingga bangunan mewah. Nah, untuk itulah kami juga memprediksi bahwa warna ini akan tetap menjadi pilihan untuk desain minimalis.

Adanya rona abu2 pada komposisi warna spruce blue-green membikin warna ini dapat memberikan kesegaran serta ketenangan pada ruangan. Warna sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai warna cat rumah minimalis pada ruang istirahat karena bisa menimbulkan efek relaksasi. Nuansa relaksasi yang hadir juga dapat memulihkan energimu dengan lebih baik.

Hasil akhir dari warna ini sangatlah bergantung dengan penataan pencahayaan pada ruangan dengan cat spruce blue-green. Warna ini akan terlihat jauh lebih muda jika pencahayaannya cukup. Warna ini juga tidak akan kelihatan pucat untuk pengecatan luar ruangan rumah.

[4] Warna Oceanside

Sumber: Dekoruma.com

Selanjutnya pilihan warna untuk ruang interior adalah oceanside, yaitu warna gelap yang mengandung elemen air. Warna ini merupakan campuran dari 2 warna yaitu hijau dan biru. Warna oceanside juga berbeda dengan nuansa biru pada rumah minimalis, karena warna ini dapat memunculkan visual laut yang lebih nyata pada dinding bangunan Anda.

Sherwin Williams, perusahaan cat terkemuka memprediksikan kalau warna ini akan tetap populer untuk beberapa tahun kedepan dengan alasan ketika sinar surya masuk kedalam ruangan yang memiliki warna dinding oceanside  mampu memunculkan refleksi seperti membetuk bayangan air dan Anda akan merasakan suasana laut yang seperti nyata.

[5] Warna Kuning Muda (Cerah dan Ceria)

Sumber: silwerstar.blogspot.com

Bagi Anda yang menginginkan ruangan dengan kesan suasana ceria mungkin cat kuning muda dapat Anda pilih sebagai warna interior rumah minimalis Anda. Warna kuning muda sangat cocok untuk diterapkan pada semua ukuran ruangan karena warna ini dapat memberikan kesan playful. Terutama pada ruangan yang mempunyai fungsi rekreasi, misalnya ruang baca, ruang untuk bermain buah hati atau juga termasuk ruang santai. Namun warna ini tidak membatasi pada ruangan2 yang kami sebutkan tadi. Anda bisa mengaplikasikannya juga pada ruang dapur, kamar mandi atau ruang tamu.

Warna kuning muda juga dapat Anda pilih untuk ruangan2 yang menunjang penghuninya agar lebih produktif. Karena warna ini dipercaya mampu membantu menemukan inspirasi baru sehingga Anda dapat lebih produktif dalam pekerjaan Anda.

[6] Warna Kelabu (Yang Tampak Misterius)

Sumber: ruangtamu.net

Seorang pengaman bangunan dan tempat tinggal, Tami Michaels, pada tahun 2019 mendatang warna kelabu (abu2) ini akan terlihat sangat mendominasi warna cat interior ruangan bangunan rumah minimalis Anda, jika dibanding dengan tahun2 sebelumnya. Warna abu2 memiliki kesan netral sehingga Anda akan mudah memadukannya dengan beraneka ragam warna furniture serta elemen dekoratif yang terdapat pada ruangan.

Akan tetapi, dlm tren saat ini guna memilih warna ruangan rumah minimalis, warna abu2 dibikin lebih dominan ketimbang warna lainnya. Selain dipakai untuk warna cat rumah minimalis, sebagin mayoritas warna2 furnitur juga akan memiliki warna yang sama yaitu kelabu. Warna kelabu menjadi lebih dominan dengan refleksi yang dapat menciptakan nuansa yang lebih misterius namun tetap terlihat modern.

Warna kelabu ini biasanya dilengkapi dengan dekor2 artistik seperti lukisan, wallpaper dinding, foto2 yang terletak pada figura. Hal itu bertujuan agar warna ini dapat terlihat lebih misterius dan terkesan modern. Dengan kelengkapan dekor tersebut juga mampu membuat warna abu tidak terlihat monoton atau membosankan.

Warna Cat untuk Ruang Eksterior

[1] Dominasi Warna Putih dengan Gabungan Ivory dan Turquoise

Sumber: hgtv(dot)com

Pemilihan warna cat dinding eksterior rumah yang cerah dengan dominasi warna putih mampu membuat bangunan nampak lebih elegan dengan sisi romansa nostalgia. Dengan dominasi warna ini mampu membuat ruangan luar rumah Anda terkesan lebih cerah.

Aksen warna turquoise di daun pintu serta warna ivory untuk anak tangga memberikan pemaknaan tersendiri terhadap penghuninya. Hal tersebut terkesan bahwa rumah dengan warna tersebut ditinggali oleh keluarga bahagia. Apa Anda tidak ingin kesan seperti itu hadir di rumahmu?

[2] Warna Cerah dengan Skema Warna Kuning Mustard, Cokelat dan Putih

Sumber : Hgtv(dot)com

Akhir2 ini warna kuning mustard telah menjadi salah satu warna favorit bagi para desainer baik yang dalam negeri maupun luar negeri. Tak hanya masalah fashion saja, namun juga pada hal pemilihan warna cat rumah, baik untuk eksterior maupun interiornya.

Hal ini juga termasuk pemilihan kombinasi warna2 cat dinding luar rumah yang cerah. Pada inspirasi ini, kamu dapat mengombinasikan warna kuning mustard untuk dinding dengan aksen cokelat sebagai warna pintu depan, karena hal ini mampu memberikan kesan lebih kontemporer.

Nah, demikianlah ulasan pemilihan warna cat untuk rumah minimalis baik untuk ruangan interior maupun eksterior. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu untuk menemukan inspirasi pengecatan rumah minimalis Anda. Oiya.. Jangan abaikan kombinasi warnanya ya. Barangkali kombinasi2 yang sudah kami jelaskan tadi dapat menyempurnakan cat rumah yang telah Anda pilih.

Referensi: Artikel ini kami ulas dari beberapa sumber website tentang dekorasi seperti dekoruma.com dan furniterus.com.